KKN UNSOED BERIKAN PELATIHAN PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN (PMT) DI DESA BOJONGSARI

07 Agustus 2024
KKN UNSOED
Dibaca 62 Kali
KKN UNSOED BERIKAN PELATIHAN PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN (PMT) DI DESA BOJONGSARI

Pemberian makanan tambahan (PMT) merupakan pemberian makanan untuk meningkatkan status gizi anak untuk pencegahan stunting dan tercapainya status gizi yang baik sesuai dengan perkembangan umur anak tersebut. Perlu diingat bahwa PMT tidak dijadikan sebagai makanan pokok, namun sebagai makanan tambahan bagi anak. Melalui pemberian PMT, maka dapat meningkatkan status gizi anak, meningkatkan pertumbuhan anak yang optimal, membantu masyarakat untuk mandiri dalam memenuhi kebutuhan gizi keluarga melalui pemanfaatan sumber daya lokal dan pencegahan stunting serta kurang gizi.

Mengingat PMT merupakan satu hal penting untuk meningkatkan kesehatan anak dan masyarakat, maka mahasiswa KKN Unsoed melakukan kegiatan pelatihan pembuatan makanan PMT yang sudah terlaksana pada Selasa, 23 Juli 2024 di Balai Desa Bojongsari. Kegiatan ini dihadiri oleh para kader, ibu hamil, serta ibu yang memiliki anak balita. Menu inovasi yang disosialisasikan dan dipraktekkan langsung oleh mahasiswa Unsoed kepada peserta adalah singkong pastel tutup dan sup krim ayam. Selain itu, mahasiswa KKN juga memberikan booklet atau buku panduan yang berisi tentang stunting, PMT, serta resep makanan PMT. 

Kegiatan pelatihan PMT ini menekankan pentingnya pemberian makanan tambahan melalui olahan bahan makanan yang bergizi. Setelah pelatihan, diharapkan peserta dapat memahami pentingnya asupan gizi yang seimbang bagi kesehatan keluarga, mampu mengolah makanan bergizi dengan menggunakan bahan-bahan lokal, dan menerapkan pengetahuan yang didapat dalam kehidupan sehari-hari untuk meningkatkan status gizi keluarga.